Analisis Sistem Informasi Airy

Kembali lagi dengan saya dan tugas-tugasnya yay. Kuliah sudah mulai kembali berjalan dan tugas-tugas mulai berdatangan. Kali ini adalah tugas dari mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI). Pada tugas kali ini saya memilih Airy (Airy Indonesia, dahulu AiryRooms) untuk diamati. Kira-kira terkaan saya adalah seperti yang akan saya bahas di bawah ini. Check it out hehe

airy logo

Airy, seperti yang tertulis di blog resminya adalah “perusahaan penyedia jasa pemesanan kamar dan tiket pesawat”. Airy telah bekerja sama dengan banyak hotel di Indonesia dan menyediakan lebih dari 5000 kamar di 72 kota di seluruh Indonesia. Selain itu Airy juga menawarkan tiket pesawat dengan harga murah. Pemesanan baik kamar maupun tiket pesawat dapat dilakukan melalui website Airy maupun Airy App yang dapat di-install melalui Google Play (Android) atau App Store (iOS).

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh Airy. Diantaranya adalah pemesanan kamar dan pemesanan tiket pesawat. Selain itu bagi pelaku bisnis perhotelan juga dapat mendaftarkan kamar yang dimilikinya untuk bekerja sama dengan Airy.

Berikut adalah sedikit screenshot dari pemesanan kamar melalui Airy App

This slideshow requires JavaScript.

Untuk pemesanan tiket pesawat juga tidak beda jauh. Berikut sedikit screenshot untuk pemesanan tiket pesawat melalui website Airy

This slideshow requires JavaScript.

Dapat dilihat dari gambar-gambar di atas bahwa hanya perlu 4 tahap dalam pemesanan di Airy. Yaitu:

1) Pesan (memilih kamar/pesawat yang diinginkan dan mengisi data yang diperlukan)

2) Konfirmasi (memeriksa kembali pilihan kamar/pesawat dan data yang telah diberikan)

3) Bayar (bisa melalui bank atau indomaret [kondisional])

4) Selesai

Lalu yang di bawah ini adalah form untuk para pemilik hotel untuk bekerja sama dengan Airy

airy-web-partner.JPG

Nah sekarang waktunya menyentuh bagian Analisis Sistem Informasinya hehe. Umumnya akan terlihat seperti ini

level2

Dari pengertian-pengertian yang saya baca, kira-kira untuk Airy bentuknya seperti ini

level2 airy.jpg

Tentu saja ini hanya perkiraan dari saya, karena saya tidak mengetahui struktur internal dari Airy :’)

Sekarang mari kita coba bahas satu persatu.

  1. Transaction Processing Systems (TPS)Sistem yang membantu perusahaan/organisasi dalam pengolahan data, biasanya digunakan pada tingkat operasional.Itulah mengapa penyedia kamar dan pembeli lah yang saya anggap sebagai pemakai system ini. Karena mereka lah yang melakukan transaksi yang memunculkan data-data yang  akan diolah lebih lanjut.

    Contoh transaksinya adalah pemesanan kamar yang akan menyimpan data penyewa (pembeli voucher Airy). Selain itu juga para penyedia kamar yang ingin bekerja sama dengan Airy akan memberikan data berupa jumlah kamar, jumlah pegawai, alamat, dan lain sebagainya.

  2. Management Information Systems (MIS)Sistem yang membantu menyediakan informasi yan diperlukan untuk kepentingan bisnis organisasi.Di sini saya tulis penanggung jawab regional sebagai pemakainya karena Menurut saya mereka lah yang seharusnya lebih paham mengenai keadaan  ‘cabang-cabang’ kamar Airy di daerahnya. Dengan menggunakan MIS, mereka dapat dengan lebih mudah memeriksa perkembangan dari ‘cabang-cabang’ tadi.

    Misalnya ada kamar baru yang didaftarkan atau peningkatan pembeli di salah satu ‘cabang’ mereka akan dapat dengan lebih mudah mengawasinya.

  3. Decision Support Systems (DSS)
    Menurut saya DSS tidak berbeda jauh dengan MIS yang juga berfungsi untuk “Mengonversi data yang berasal dari TPS menjadi informasi yang berguna untuk mengelola organisasi dan memantau kinerjanya”. Bedanya adalah apabila MIS lebih berbentuk seperti ‘laporan’, DSS lebih berisi tentang informasi yang diperlukan untuk mengambil sebuah keputusan. Itu sebabnya saya mengambil ‘kantor pusat’ sebagai pemakainya. Karena mereka lah yang menurut saya mengatur bagaimana langkah yang sebaiknya diambil Airy dalam menghadapi sesuatu.
  4. Executive Information Systems (EIS)Kalau menurut saya, sistem ini merupakan penyedia “rangkuman” dari data-data dimiliki suatu organisasi atau perusahaan. Dengan sistem ini diharapkan para eksekutif perusahaan dapat mengetahui keadaan perusahaannya dengan mudah. Dengan memahami keadaan tersebut, para eksekutif yang memiliki tanggung jawab tersebut dapat Melakukan keputusan-keputusan strategis bagi perusahaannya.

Kira-kira begitulah perkiraan saya terhadap Sistem Informasi Airy. Kalau dari hasil pencarian saya sendiri saya belum menemukan ‘kantor cabang’ dari Airy. Itu sebabnya saya memilih untuk menulisnya sebagai “penanggung jawab regional” (yang bisa jadi belum tentu ada juga hahaha). Mungkin dari penjelasan saya di atas, terlihat bahwa ‘kantor pusat’ dan ‘eksekutif’ tidak berbeda jauh (mungkin karena biasanya para eksekutif berada di kantor pusat? hehe). Untuk pandangan saya sendiri, ‘eksekutif’ adalah orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil suatu keputusan. Sedangkan kantor pusat adalah sekumpulan orang dalam suatu sistem yang diberikan wewenang untuk memberikan solusi/keputusan dari suatu kondisi yang akan diajukan ke para petinggi (eksekutif mungkin?) untuk dipilih apakah akan dilaksanakan atau tidak. Terdengar membingungkan? Iya, saya juga bingung :’

Yah kira-kira begitulah pemahaman saya.

Sekian post kali ini, walaupun mbulet semoga dapat memberikan sedikit inspirasi(?).

#SalamSemangat

Referensi:
Pengertian TPS, MIS, DSS, dan EIS
Blog Penting
Inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s